Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaaan Asuransi Gigi dengan Perawatan Gigi

Perbedaaan Asuransi Gigi dengan Perawatan Gigi

Jika Anda pernah menjalani perawatan gigi yang mahal, mungkin inilah saat yang tepat untuk mengambil risiko (berkat mahkota baru Anda) dan mengatur asuransi gigi - inilah panduan Anda untuk menemukan perlindungan finansial terbaik untuk perawatan gigi Anda.



Tapi dari mana Anda memulai?

Saat Anda mengetik 'asuransi gigi' ke Google, Anda akan dihadapkan pada halaman demi halaman opsi.

Apakah Anda menginginkan asuransi gigi atau perawatan gigi? Apakah rencana perawatan gigi adalah yang terbaik, atau apakah penutup implan gigi lebih sesuai?

Dan bagaimana dengan Denplan atau penutup pemutih gigi?

Banyaknya pilihan akan membuat kepala Anda berputar.

Untuk menyelamatkan Anda dari stres ini, di bawah ini semua pro dan kontra yang telah kami pelajari tentang berbagai opsi. Kami berharap mereka membantu Anda memahami dan memilih asuransi gigi atau perlindungan gigi yang terbaik untuk Anda!

Asuransi gigi
Asuransi gigi merupakan pilihan paling fleksibel bagi seseorang yang membutuhkan perawatan gigi reguler dan - terkadang - spesialis.

Anda membayar premi bulanan kepada perusahaan asuransi, dan pertanggungan tersebut bisa hanya untuk Anda atau untuk sejumlah orang - biasanya keluarga Anda.

Hal yang perlu diingat tentang asuransi gigi adalah setiap penanggung berbeda.

Beberapa akan mencakup perawatan NHS saja, tetapi yang lain akan mencakup perawatan pribadi juga. Biasanya ada batasan tentang berapa banyak polis akan membayar dalam satu tahun, dan - seperti halnya asuransi mobil Anda - Anda bisa mendapatkan keuntungan dari bonus tanpa klaim.

Sebagian besar polis terbuka untuk Anda selama Anda sudah memiliki gigi yang bagus, dan keindahannya adalah Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan gigi Anda.

Anda biasanya dapat menggunakan dokter gigi yang memenuhi syarat yang Anda inginkan dan beberapa polis akan melindungi Anda saat Anda berada di luar negeri.

Sisi negatifnya, asuransi gigi bisa mahal - terutama jika Anda berniat menggunakan dokter gigi swasta dan membutuhkan banyak perawatan gigi.

Jadi, jika menurut Anda asuransi gigi cocok untuk Anda, penting untuk menekan biaya gigi Anda. Luangkan sedikit waktu untuk mendapatkan penawaran dari penyedia yang berbeda sehingga Anda dapat membandingkan penawaran masing-masing dengan harga berapa. Anda kemudian dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Rencana Gigi
Rencana perawatan gigi cenderung lebih murah daripada asuransi gigi, tetapi mereka memiliki lebih banyak batasan mengenai biaya perawatan gigi yang akan mereka tanggung - dan terkadang pada dokter gigi yang dapat Anda gunakan.

Skema kapitasi (seperti Denplan)
Jenis rencana perawatan gigi yang paling umum adalah skema kapitasi seperti Denplan, spesialis rencana pembayaran gigi terkemuka di Inggris. Anda membayar biaya bulanan yang telah disepakati kepada dokter gigi Anda sendiri, biasanya berdasarkan seberapa banyak perawatan yang mungkin Anda perlukan selama tahun tertentu.

Sebagai imbalannya, dokter gigi Anda akan menanggung semua perawatan rutin dan darurat tanpa biaya tambahan.

Namun, jika Anda memerlukan perawatan ekstensif atau spesialis, biaya perawatan gigi Anda mungkin tidak tercakup - jadi jika hal ini mungkin terjadi pada Anda, sebaiknya pertimbangkan asuransi gigi.

Jenis skema serupa dikenal sebagai skema cashplan perawatan kesehatan.

Secara teknis skema asuransi, Anda membayar premi bulanan dan dapat menggunakan rencana tersebut untuk menutupi berbagai biaya kesehatan - seperti perawatan gigi, perawatan kacamata, terapi chiropractic dan sebagainya.

Namun, kekurangannya adalah skema cashplan hanya akan membayar sekitar 75% dari biaya perawatan gigi Anda - dan hanya sampai batas yang disepakati. Jadi, jika Anda menggunakan dokter gigi swasta, pembayaran tersebut kemungkinan tidak akan berdampak signifikan pada tagihan gigi Anda.

Yang mana yang harus dipilih? Asuransi gigi atau rencana perawatan gigi
Jika Anda memiliki anggaran terbatas, rencana perawatan gigi mungkin terlihat seperti pilihan terbaik - tetapi pastikan untuk berbelanja untuk penawaran bagus tentang asuransi gigi juga.

Dan jika Anda menginginkan fleksibilitas dan ketenangan pikiran yang maksimal, asuransi gigi hampir pasti merupakan pilihan untuk Anda - jadi mengapa tidak mencari penawaran terbaik hari ini?